Selasa, 01 Juli 2008

SKB 1969

Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Dalam Negri (Mendagri) dan Menteri Agama (Menag) RI No 01111/1969 berisi tentang pelaksanaan tugas aparatur pemerintahan dalam menjamin ketertiban dan kelancaran pelaksanaan pengembangan dan ibadah agama oleh para pemeluknya. SKB ini ditandatangi oleh Amir Machmud dan KH Moh Dahlan pada tanggal 13 September 1969. Problem hubungan dan konflik antaragama senantiasa dikaitkan dengan SKB ini.
Pembicaraan mengenai SKB 1969 ini selalu muncul dalam pertemuan antaragama, bukan hanya dalam Persatuan Gereja Indonesai (PGI) dan Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI). Dalam pertemuan rutin Majelis Ulama Indonesia (MUI), senantiasa dihangatkan dengan pembicaraan mengenai kristenisasi. Umat Hindu dan Buddha juga tidak terlepas dari perbicangan tentang SKB Mendagri dan Menag RI 1969. Dalam suasana demokrasi tentunya Presiden SBY sudah saatnya meninjau SKB tersebut lebih dalam lagi.
Dalam perhelatannya ada dua misi besar yang saling bertabrakan; antara Misi Islam dan Misi Kristen. Misi Islam dalam hal ini adalah penyerahan diri yang total pada satu-satunya Tuhan yang benar, Sang Pencipta, San Pemelihara, dan Penguasa Tertinggi atas seluruh dunia. Oleh karena itu, umat Muslim menerima tugas misi yang mulia yaitu membawa seluruh dunia pada penguasa tertingginya dan membebaskan dunia dari peribadatan terhadap Tuhan yang salah (menurut Al-Qur’an). Penyebaran Islam di seluruh dunia adalah sebuah tugas spiritual yang harus dilakukan oleh seluruh umat muslim sejati dengan mengikuti teladan sang Nabi yang merupakan rahmat bagi seluruh umat manusia. Karena Islam juga pelayanan, maka perlu memperhatikan orang sekitarnya sesuai dengan titah Nabi SAW "Seseorang bukanlah orang yang beriman jika ia makan sekenyang-kenyangnya sementara ada tetangganya di sampinynya yang sedang tergeletak kelaparan"
Misi Kristen mengalir keluar dari pengalaman kasih yang menebus. Inti misi ini adalah kasih. Gereja merupakan komunitas iman yang melanjutkan pelajaran Allah yang telah Yesus awali.
1. Gereja melaksanakan misinya melalui persekutuan (1 Kor 13)
2. Gereja melaksanakan misinya melalui pelayanan
3. Gereja melaksanakan misinya dengan memberitakan Injil di seluruh dunia. (Mat 28:19-20)
Tapi banyak orang yang tidak mengeti arti Gereja, satu hal yang aku pahami Gereja bukanlah gedung.
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: